Posted by: salimdarmadi | 4 February 2015

Tingkat Pendidikan Komisaris/Direksi dan Kinerja Perusahaan

Why-ChessPaper berjudul lengkap “Board Members’ Education and Firm Performance: Evidence from a Developing Economy” ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat pendidikan pengurus perusahaan (Komisaris dan Direksi) terhadap kinerja perusahaan. Saya tertarik meneliti topik ini karena studi-studi empiris yang berfokus pada topik serupa, baik untuk konteks negara-negara maju maupun berkembang, masih sangat terbatas.

Sampel studi ini terdiri dari 160 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saya menggunakan dua variabel sebagai proksi kinerja perusahaan, yaitu return on assets (indikator kinerja berbasis akuntansi) dan Tobin’s Q (indikator kinerja berbasis pasar). Untuk tingkat pendidikan Komisaris dan Diresi, saya menggunakan empat proksi, yaitu gelar akademik pascasarjana, gelar akademik yang diperoleh dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, gelar akademik yang diperoleh dari negara-negara maju, dan gelar akademik di bidang keuangan. Analis regresi dilakukan secara terpisah untuk anggota Dewan Komisaris, anggota Direksi, serta Direktur Utama (Chief Executive Officer).

Bukti empiris dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam batas tertentu, kualifikasi pendidikan yang dimiliki oleh Komisaris dan Direksi memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Misalnya, Direktur Utama yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi terkemuka di dalam negeri cenderung menunjukkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak memiliki kualifikasi tersebut. Kinerja perusahaan juga lebih baik ketika mayoritas anggota Direksi memiliki kualifikasi pendidikan pascasarjana.

Paper ini termasuk paper yang tidak sempat saya presentasikan dalam acara simposium atau konferensi ilmiah. Pada akhir tahun 2011, saya langsung mengirimkan paper tersebut ke International Journal of Commerce and Management, yang terafiliasi dengan Emerald Insight. Revisi dari reviewer terbilang tidak signifikan. Bahkan, seorang reviewer (yang tentu tidak disebutkan namanya alias anonim) menyatakan bahwa paper ini cukup bagus dan dia berani bertaruh bahwa paper ini merupakan penelitian disertasi. Alhamdulillah.

Akhirnya, pada tahun 2013 paper tersebut diterbitkan oleh International Journal of Commerce and Management, Volume 23 Nomor 2, halaman 113-135 (dapat dilihat di sini). Versi awal paper ini dapat diunduh di SSRN, sedangkan versi final dapat dimintakan kepada saya melalui email.

[Gambar diambil dari sini]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: