Posted by: salimdarmadi | 21 January 2015

Faktor-faktor Penentu Remunerasi Komisaris/Direksi

Empty Conference RoomJudul lengkap dari paper ini adalah “The Determinants of Board Compensations: Evidence from Indonesia”. Paper ini bermaksud meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat remunerasi anggota Dewan Komisaris dan Direksi pada perusahaan-perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Di samping itu, paper ini juga meneliti pay-performance sensitivity. Penelitian serupa untuk konteks negara-negara berkembang masih terbilang jarang, dan masih sangat didominasi oleh penelitian-penelitian dengan setting Amerika Serikat.

Sampel penelitian ini perusahaan-perusahaan non-keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Diperoleh 442 observasi firm-year dari 255 emiten untuk periode 2005-2006. Saya menemukan bahwa beberapa variabel terbukti berpengaruh positif terhadap tingkat kompensasi anggota Dewan Komisaris dan Direksi, yaitu profitabilitas, ukuran dewan, dan ukuran perusahaan. Perusahaan yang dikontrol oleh keluarga terbukti mengalokasikan proporsi yang lebih besar dari sumber daya keuangannya untuk menggaji Komisaris dan Direksi. Di samping itu, dalam pengujian pay-performance sensitivity, ditemukan juga bahwa perubahan level kinerja perusahaan memiliki hubungan positif dengan perubahan level kompensasi.

Paper ini saya publikasikan pertama kalinya pada acara Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIV di Banda Aceh, yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompertemen Akuntan Pendidik dan Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Paper ini termasuk dari sedikit paper yang ditulis dan diulas dalam bahasa Inggris pada simposium tersebut. Selanjutnya, saya bermaksud mengirimkan paper tersebut ke sebuah jurnal ilmiah internasional. Namun, masukan dari reviewer jurnal tersebut ternyata cukup signifikan, sehingga akhirnya proses submission tidak saya lanjutkan.

Kemudian, datang tawaran dari Indonesian Journal of Accounting Research (IJAR) untuk mempublikasikan paper saya, mengingat jurnal tersebut membidik beberapa paper SNA XIV yang ditulis dalam bahasa Inggris. Akhirnya, saya menerima tawaran tersebut. Tidak ada masukan revisi yang signifikan dari reviewer. Akhirnya, paper tersebut terpublikasikan pada IJAR Volume 14 (Mei 2011), Nomor 2, halaman 175-204 (dapat dilihat di sini).

Versi awal paper ini, dengan judul yang berbeda, dapat diunduh di SSRN. Sedangkan versi final dapat dimintakan kepada saya melalui email.

[Gambar diambil dari sini]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: