Posted by: salimdarmadi | 15 August 2012

Direktur Perempuan dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Paper ini merupakan pengembangan dari paper saya yang pertama, dengan menggunakan data set yang sama. Pada paper pertama, dengan menggunakan jenis kelamin, kewarganegaraan, dan usia, saya hanya berhasil mengumpulkan 169 perusahaan sebagai sampel; karena banyak perusahaan yang tidak mengungkapkan informasi mengenai kewarganegaraan dan usia anggota Dewan Komisaris/Direksi pada laporan tahunan mereka. Karena itu, dengan sampel lebih besar, paper ini bermaksud membahas peran direktur perempuan terhadap kinerja keuangan perusahaan, suatu isu yang juga masih jarang dibahas untuk konteks negara-negara berkembang. Judul lengkapnya adalah “Do Women in Top Management Affect Firm Performance? Evidence from Indonesia.”

Sampel penelitian terdiri dari 354 perusahaan, baik perusahaan keuangan maupun non-keuangan, yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) per 31 Desember 2007. Representasi perempuan diproksikan dengan proporsi direktur perempuan, keberadaan direktur perempuan (dengan variabel dummy), dan indeks diversitas. Dengan menggunakan analisis regresi cross-section, studi ini melaporkan adanya pengaruh negatif representasi perempuan pada Direksi perusahaan terhadap kinerja keuangan, yang diukur dengan return on assets (ROA) dan Tobin’s Q. Direktur perempuan juga cenderung lebih mudah didapati pada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan besar memiliki lingkungan kompetisi yang lebih ketat sehingga kaum perempuan kurang terwakili dalam jajaran pengurus teras perusahaan.

Paper ini telah saya presentasikan pada 3rd International Accounting Conference yang diselenggarakan oleh Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 27-28 Oktober 2010 di Kuta, Bali. Tidak diduga, sesi presentasi saya menyedot banyak pengunjung hingga ruang presentasi lumayan penuh, mungkin karena studi ini mengangkat topik seputar kesetaraan gender. Acara tersebut juga menjadi acara konferensi ilmiah pertama yang saya hadiri. Versi awal paper ini dapat diunduh di sini.

Setelah mengikuti konferensi tersebut dan setelah mendapat masukan perbaikan dari seorang kolega di kantor, saya mengirimkan paper tersebut ke jurnal Corporate Governance: The International Journal of Business in Society yang terbit di Inggris dan terafiliasi dengan Emerald Insight. Alhamdulillah, setelah sekitar empat bulan menunggu, datanglah tanggapan dari redaksi jurnal dan tidak perlu ada revisi signifikan. Paper tersebut akhirnya terpublikasikan pada Volume 13 No. 2, tahun 2013 (dapat dilihat di sini).

(Gambar diambil dari sini)


Responses

  1. Bung Salim, saya sudah baca jurnal bapak tsb. Sangat menarik. Meski tidak berpengaruh / korelasi negatif antara representasi perempuan dan financial performance ataupun profitability, namun pendapat saya representasi tsb lebih dikarenakan faktor sosial dan kekuatan relationship perempuan utamanya di daerah yang lebih menganut azas kekeluargaan. Smentara jika untuk formal relationship justru masih lebih kuat / dominan oleh kaum pria. Oleh karenanya pemimpin perempuan lebih banyak muncul di cabang sd level Regional. Sementara di jajaran Kepala Divisi tetap lebih didominasi pria. Faktor kodrat perempuan sebagai ibu rumah tangga juga menjadi alasan tersendiri kondisi tsb. Meskipun perempuan tsb punya kapasitas dan prestasi yang sbenarnya layak promosi jabatan, ybs lebih memilih tetap stay di daerah, thanks.

    • Terima kasih atas atensi dan tanggapannya, Mas Raden.. Memang ada banyak sekali ya faktor yang mungkin mempengaruhi… 🙂

      • Bung Salim, jika berkenan apakah bisa share / info susunan direksi bank listed di BEI posisi tahun 2012. Saya sedang menyusun penelitian juga dan mencoba melakukan pembahasan besaran presentasi di level direksi khusus bank2 yg tercatat di BEI tahun 2012. Saya akan mencari data sederhana berapa % representasi perempuan di jajaran direksi dari jumlah total bank yg ada tsb. Alamat e-mail saya di : characterplusformation@gmail.com .Maturnuwun jika berkenan membantu atau memberikan info tsb.

  2. Slamat sore, Pak.
    saya Novi mahasiswa semester akhir jurusan akuntansi.
    judul penelitian saya diversitas dewan direksi terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan blau index dan tobin’s Q.
    saya juga telah membaca jurnal yang bapak buat.
    dosen pembimbing saya bertanya kepada saya, grand theory dan kaitan dengan akuntansinya apa, kemudian ia juga bertanya hubungan antara diversitas dewan dengan kinerja ini apa.
    saya sudah berusaha menjelaskan sebisa mungkin, tetapi masih tidak diterima oleh dosen pembimbing saya.
    Apakah bapak bisa memberikan sedikit penjelasan kepada saya, agar saya dapat lebih mengerti dan paham dalam menjelaskan teorinya kepada dosen pembimbing saya?
    i’m so deperate. Please help me. 😦
    thank you for your consideration.

    • Mbak Novi, terima kasih atas atensinya buat paper saya.

      Kalau kondisinya seperti itu, dengan berat hati harus saya sampaikan bahwa hubungan antara board diversity dan kinerja perusahaan ini memang kurang ada hubungannya dengan akuntansi Mbak. Kalau saya lihat, mahasiswa yang skripsi/tesisnya mengambil topik ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen, bukan Akuntansi.

      Demikian Mbak. Sukses untuk skripsinya ya. Semoga penelitianmu masih pada tahap outline, jadi masih ada waktu untuk eksplorasi topik-topik lain yang berada pada domain jurusan Akuntansi…

      • terima kasih atas perhatianny Pak.
        dan mohon maaf, saya kira jurnal yang Anda buat ada kaitannya dengan Akuntansi, terkait judul nya Riset Akuntansi dan Keuangan.

  3. sangat membantu sekali dan topik yg menarik sekali bapakk untuk tugas riset pasar saya.. matur nuwun pak atas sharing jurnal nya..
    saya merupakan mahasiswi penerima beasiswa BPPDn CADOS nih pak,, saya harap saya bisa melanjutkan penelitian bapak suatu saat nanti karena sangat menarik sekali.. sekali lahi terimakasih pak salim

    • Mbak Shashe, alhamdulillah, selamat ya mbak atas prestasinya. Semoga dapat menghasilkan penelitian yang cemerlang 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: