Posted by: salimdarmadi | 15 August 2012

Board Diversity dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Judul lengkap dari paper ini adalah “Board Diversity and Firm Performance: The Indonesian Evidence”. Motivasi saya melakukan penelitian ini adalah masih sangat terbatasnya literatur dalam konteks negara-negara berkembang. Studi yang ada di literatur sebagian besar berasal dari negara-negara maju. Adapun tujuan dari studi ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh keragaman demografis anggota Dewan Komisaris dan Direksi terhadap kinerja keuangan perusahaan di Indonesia.

Dengan menggunakan data tahun 2007, sampel penelitian terdiri dari 169 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keragaman demografis anggota Dewan Komisaris dan Direksi ditinjau dari jenis kelamin, kewarganegaraan, dan usia. Kinerja keuangan perusahaan diproksikan dengan return on assets (ROA) dan Tobin’s Q. Dari regresi cross-sectional yang dilakukan, didapati bahwa keberadaan perempuan di struktur dewan berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan. Diversitas kewarganegaraan terbukti tidak membawa pengaruh signifikan. Selanjutnya, keberadaan anggota muda (dengan usia di bawah 50 tahun) membawa pengaruh positif dalam peningkatan kinerja perusahaan.

Paper ini menjadi milestone bagi saya karena merupakan makalah ilmiah pertama yang saya hasilkan. Dalam gaya penulisan maupun analisis, mungkin akan terlihat sekali bahwa tulisan ini adalah karya seorang pemula. Draf pertama paper ini saya selesaikan di Brisbane, sekitar tiga pekan sebelum kepulangan saya ke Tanah Air. Semula, paper ini saya kirimkan ke sebuah jurnal internasional yang diterbitkan oleh salah satu universitas terkemuka di Malaysia. Namun, umpan balik dari reviewer terasa berat untuk saya tindaklanjuti. Reviewer tersebut meminta saya menambah data untuk tahun 2008 dan 2009, sementara hand-collection data tahun 2007 saja (yang merupakan salah satu keterbatasan studi ini) sudah cukup membuat saya gempor.

Akhirnya, karena ingin segera mempublikasikannya, saya mencari jurnal lain yang sekiranya sesuai dengan topik penelitian ini. Akhirnya jatuhlah pilihan saya pada Corporate Ownership and Control, jurnal dengan ranking lumayan yang diterbitkan oleh Virtus Interpress, Ukraina. Alhamdulillah, dalam waktu singkat umpan balik reviewer sudah saya terima dan ternyata tidak ada revisi signifikan. Namun, jurnal tersebut mensyaratkan pembayaran publication fee, sehingga saya harus merogoh kocek cukup dalam. Akhirnya paper ini terbit pada Volume 9 (Tahun 2011), Nomor 1, halaman 524-539.

Versi lengkap paper ini bisa diunduh di sini.

(Gambar diambil dari sini)


Responses

  1. […] ini merupakan pengembangan dari paper saya yang pertama, dengan menggunakan data set yang sama. Pada paper pertama, dengan menggunakan jenis kelamin, […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: